Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Ibnu Qutaibah

arti mimpi buang air besar dan buang air kecil

Salikun.comArti Mimpi Buang Air Besar Menurut Ibnu Qutaibah dan Ibnu Sirin (Ulama’ Tabiin yang Dianugrahi mukjizat Nabi Yusuf alaihissalam)

Dalam sebauh hadits shahih disebutkan bahwa mimpi seorang muslim adalah satu dari 46 bagian kenabian. Dan semakin mendekati akhir zaman, kebenaran mimpi seorang mukmin akan semakin menjadi kenyataan.

Namun meski demikian, seorang tidak boleh menyandarkan manfaat dan marabahaya hanya berdasar mimpi saja. Atau menyandarkan togel primbon sebagai pertanda keberuntungan mimpi. Ini juga bertentangan dengan aqidah islam yang disebutkan ulama’.

Saat para ulama menjelaskan tafsir mimpi, maka mereka mengkorelasikannya dengan dalil-dalil dan juga makna dalam bahasa serta adat. Mereka tetap menyandarkan pemberi manfaat dan madhorot berasal dari Allah ta’ala. Jadi tidak ada yang bisa memberi dampak positif dan negatif kecuali atas izinNya.

Para ulama’ adalah pewaris para Nabi. Ilmu yang mereka dapatkan adalah anugerah dari Allah dari lelahnya mereka belajar. Mereka juga memiliki firasat yang diilhamkan oleh Allah ta’ala. Dalam sebuah hadist disebutkan, “Berhati-hatilah dengan firasat seorang mukmin, karena ia melihat dengan cahaya Allah.”

Mimpi manusia pun juga terbagi dalam 3 bentuk. Yaitu mimpi baik, buruk dan mimpi yang tidak memiliki makna. Yang paling sering dialami manusia adalah mimpi-mimpi bawaan yang tidak memiliki makna. Mimpi yang tidak bermakna ini sangat mungkin terjadi seperti seorang mimpi kencing di wc ternyata ketika bangun sudah kencing di celana. Begitu juga dengan mimpi buang air besar.

Sekilas Arti Mimpi Buang Air Besar

Takwil atau tafsir mimpi tentang buang air besar bisa diartikan sebagai sesuatu yang baik, tetapi dalam kondisi tertentu juga bisa berarti buruk.

Tafsir mimpi ini bukan berarti bentuk kepastian tentang kejadian yang akan datang, sebab ada mimpi yang benar dan bisa ditakwil. kemudian ada mimpi yang merupakan bunga mimpi atau terbawa suasana kejadian sebelumnya, dan hal ini tidak ada takwilnya.

Kemudian seorang muslim hendaknya tidak perlu khawatir dengan mimpi yang akan datang pada dirinya. Jika mimpi itu meresahkan jiwanya, maka hendaklah ia meludah tiga kali dan kemudian berdoa kepada Allah minta perlindungan. Sebab tidak ada yang bisa memberi madhorot kecuali dengan izin Allah ta’la.

Baca juga : Memimpikan Ular, Apa Takwil Mimpi Menurut Ulama’ Tafsir Mimpi ?

Sementar jika ia bermimpi dengan suatu hal yang menggembirakan, maka boleh ia ceritakan kepada orang yang dipercayainya. Dan banyak memuji Allah subhaanahu wa ta’ala, sebab mimpi baik yang dialami orang beriman adalah kabar gembira.

Berikut tafsir arti mimpi buang air besar dan mimpi buang air kecil menurut Ulama’[1] Islam zaman dahulu.

Arti Mimpi Buang Air Besar dan Buang Air Kecil

Barangsiapa yang bermimpi dirinya buang air besar atau mengeluarkan hadats lainnya berarti ia telah melenyapkan harta haram dari dirinya.

Demikian juga arti dari kotoran-kotoran lainnya semuanya berarti tentang harta, kecuali kotoran itu terlihat dominan menyerupai aliran air atau hujan deras, maka itu bentuk kegundahan atau ketakutan.

Adapun jika dalam mimpi seseorang mengeluarkan cacing atau kutu itu berarti orang-orang yang berada dalam tanggungannya, seperti anak-anaknya. Sebagaimana perkataan penyair arab.

Arti Mimpi Buang Air Besar Menurut Ibnu Qutaibah
ilustrasi kloset kamar mandi

Hingga apabila perut kalian mengeluarkan kutu

Dan kalian melihat anak-anak kalian tumbuh dewasa

Barangsiapa yang bermimpi melihat dirinya buang air kecil berupa darah, maka anaknya akan keguguran. Hal ini karena segala sesuatu yang keluar dari kemaluan itu diartikan anak yang disesuaikan dengan jenisnya.

Seorang lelaki datang dan bertanya kepada Said bin Musayyib[2] rahimahullah, “Aku bermimpi seakan-akan di tanganku terdapat darah, setiap kali aku mencucinya maka semakin bersinar hal itu.” Maka Said menjawab, “Engkau seorang yang bersembunyi dari anakmu, maka temuilah dia.”

Para ulama’ tidak menjelaskan tentang tempat buang airnya (besar atau kecil) di tempat mana. Bisa jadi itu berlaku baik itu di celana, lantai, sungai atau di rumah sendiri. Namun yang menjadi bahasan mereka adalah mimpi buang air secara umum.

Arti Mimpi Kotoran, Darah, Muntah, Penyakit dan Obatnya

Tafsir mimpi kotoran (air kencing, tinja, nanah dan lainnya) secara umum artinya harta haram. Hal itu berlaku jika ia menyentuh kotoran tersebut, menyimpannya atau melumurkannya ke tubuhnya.

Setiap pembengkakan yang terjadi pada tubuh, baik itu bengkak, pembesaran kelenjar gondok ataupun jerawat, maka itu semua diartikan sebagai harta.

Penyakit lepra, gila, kusta bisa diartikan sebagai harta dan pakaian. Berkurangnya tubuh berarti berkurangnya harta benda yang dimiliki.

Mimpi minum obat berarti perbaikan tentang agamanya. Muntah berarti taubat, dan bisa saja taubatnya itu disertai dengan mengembalikan hak orang lain yang terampas atau mengambil kembali sesuatu yang bermanfaat, yang memang dia ada hak di dalamnya.

Muntah (al qoi’) juga disamakan dengan kotoran (raji’). Dan barangsiapa yang bermimpi muntah namun kemudian memakannya lagi, maka itu berarti ia memberi kemudian meminta kembali pemberiannya.

Hal ini sebagaimana sabda Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam dalam riwayat Bukhari dan Muslim,

الذي يعود في هبته كالكلب يرجع في قيئه

Orang yang meminta kembali pemberiannya, seperti anjing yang menjilati muntahannya sendiri. (HR Muttafaq ‘alaih)

https://salikun.com


[1] Rujukan tafsir mimpi terkait hal ini adalah Ibnu Qutaibah, kemudian sebagian nukilan dari Ibnu Sirin dan Said bin Musayib rahimahumullah.

[2] Said bin Musayyib atau Said bin Musayyab adalah senior tabiin murid para sahabat Nabi diantaranya Utsman bin Affan, Abu Hurairah, Ali bin Abi Thalib dan lainnya.