Arti Mimpi Ikan dan Buaya Menurut Ulama’

Salikun.com – Berikut ini penjelasan para ulama’ tentang golongan manusia yang bermimpi serta penjelasan ulama’ tentang arti mimpi Ikan, Buaya dan Kura-Kura.

Termasuk diantara mimpi yang dijumpai oleh manusia adalah mimpi ikan, buaya atau hewan air lainnya.

Sebagian kalangan memandang bahwa mimpi ikan itu adalah sebuah keberuntungan, namun benarkah hal itu berarti mutlak gambaran keberuntungan atau hanya bunga mimpi saja ?

Nah, dalam Islam, mimpi itu terbagi menjadi 3 jenis. Mimpi yang memiliki baik yang memiliki arti, mimpi buruk yang berasal dari was-was syetan dan mimpi yang tidak punya arti (bunga tidur).

Jenis Manusia saat Bermimpi

Sebelum membahas tentang tafsir atau takwil mimpi secara spesifik, para ulama’ membahas terlebih dahulu orang yang bermimpi (pemimpi) menjadi 5 jenis manusia. Sebab beda orang yang bermimpi bisa jadi beda pula tafsirnya meskipun sama-sama jenis mimpinya.

Baca juga : Mimpi Ular, benarkah artinya buruk ? Ini penjelasan ulama’

Dan berikut golongan atau jenis manusia dalam bermimpi, menurut Syaikh Dr Abdullah at Thayyar.

Mimpi Nabi

Mimpi para Nabi adalah diantara deretan mimpi yang paling benar. Sebab mereka adalah orang yang paling jujur dan benar dalam ucapan serta perbuatan.

Oleh karena itu, mimpi Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam adalah laksana cahaya fajar subuh yang menyinari, karena bermuatan wahyu dari Allah subhaanahu wa ta’ala.

Mimpi Orang Shaleh

Mimpi yang benar kedua adalah mimpinya orang yang shaleh. Sebab merekalah orang terbaik setelah para Nabi. Mimpi mereka terdiri dari 2 hal, yaitu ada yang perlu ditafsirkan namun ada juga yang diartikan sesuai dengan mimpi yang dilihatnya sebab telah jelas.

Hal ini sebagaimana sabda Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam

و أصدقكم رأيا أصدقكم حديثا

“Orang yang paling benar mimpinya diantara kalian adalah yang paling benar dalam bicara.”

Mimpi Pelaku Maksiat yang Menyembunyikan Kemaksiatan

Maksudnya adalah mereka yang beramal shalih seperti shalat, puasa, zakat, haji dan lainnya tetapi terkadang mereka lalai dan bermaksiat selain dari dosa syirik.

Mereka yang bermimpi ini terkadang benar dalam mimpinya, namun terkadang mimpinya berasal dari syetan dan termasuk mimpi untuk memberi ketakutan serta was-was.

Mimpi Orang Fasik

Orang yang fasik adalah orang yang sering berbuat dosa dengan dosa-dosa besar. Mereka sering bermaksiat kepada Allah ta’ala.

Mimpi mereka ini tergolong mimpi yang sangat sedikit kebenarannya. Kebanyakan mimpi mereka berasal dari syetan dan tipu muslihat dari musuh Allah subhaanahu wa ta’ala.

Mimpi Orang Kafir

Mimpi orang kafir lebih sering bersifat kedustaan atau berasal dari syetan. Namun terkadang tidak menutup kemungkinan mimpi mereka benar meskipun jarang terjadi. Hal ini karena keingkaran mereka kepada Allah ta’ala dan para rosulNya alaihimussalam.

Salah satu contoh dari mimpi yang benar dari kafir adalah kisah firaun yang mimpi kemudian ditafsirkan bahwa akan ada orang dari keluarganya yang akan menguasai kerajaan Firaun dan menjadi musuhnya. Orang tersebut tidak lain adalah Musa alaihissalam

Mimpi Ikan dan Binatang Laut

Berikut ini mimpi tentang ikan, kura kura, buaya, kepiting dan binatang laut lainnya menurut Ibnu Qutaibah rahimahullah

Mimpi Ikan Banyak

Barangsiapa yang mimpi Ikan segar yang berukuran besar dan banyak jumlahnya, maka itu berarti simbol mendapatkan harta dan ghanimah (rampasan peperangan).

Namun siapa yang bermimpi mendapatkan Ikan-ikan kecil berarti kesedihan bagi orang yang mendapatkannya, sebagaimana anak-anak kecil yang bersedih.

Termasuk mimpi ikan kecil ini adalah mimpi ikan mas, ikan hias atau bisa juga mimpi ikan lele yang masih dalam wujud benih. Besar kecilnya Ikan disesuaikan dengan urf atau kebiasaan masyarakat di wilayah tersebut.

Muhammad bin Sirin rahimahullah pernah ditanya tentang seorang lelaki yang bermimpi memancing ikan dalam air, kemudian beliau menjawab, “Dia akan mendapatkan harta yang haram.”

Kemudian mereka bertanya lagi kepada Ibnu Sirin, “Lalu, bagaimana dengan seorang yang mendapatkan satu atau dua ikan segar ?” Beliau menjawab, “Dia akan mendapatkan satu atau dua orang wanita.”

Jika ia mendapatkan mutiara dalam perut ikan, berarti ia akan mendapatkan seorang anak dari wanita tersebut. Apabila ia mendapati lemak dalam perutnya, berarti ia akan mendapatkan harta dan keuntungan darinya. Demikian halnya dengan takwil ikan yang berukuran besar, jika ia berjumlah sedikit.

Jika seorang bermimpi melihat ikan besar dengan jumlahnya banyak, maka itu berarti harta ghanimah atau mendapat rezeki karena ia termasuk hewan yang diburu.

Mimpi Ikan Asin

Namun siapa yang berimimpi mendapatkan ikan asin, berarti ia akan terkena kegelisahan dari segi keasinannya.

Ibnu Qutaibah rahimahullah menyebutkan, bahwa Ikan asin kecil tidak berarti tidak ada kebaikan padanya.

Barangsiapa bermimpi melihat ikan keluar dari kemaluannya, berarti ia akan mendapatkan seorang anak putri. Tapi jika seorang bermimpi melihat ikan keluar dari mulutnya, maka itu diartikan perkataan yang ia ucapkan tentang seorang wanita.

mimpi buaya dan mimpi kura kura katak

Mimpi Buaya, Katak, Kura-Kura dan Kepiting

Mimpi melihat buaya berarti ia sedang melihat musuh yang angkuh. Sebab buaya itu termasuk binatang buas, maka tafsir atau takwilnya adalah sesuai dengan binatang buas lainnya.

Mimpi tentang katak memiliki arti tentang seorang ahli ibadah yang rajin serta tidak suka menyakiti orang lain. Namun jika yang dilihat adalah katak dengan jumlah banyak, maka itu berarti azab yang akan menimpa daerah tersebut.

Mimpi Kura-kura artinya tentang seorang yang zuhud lagi abid yang ahli ibadah atau juga bisa diartikan sebagai seorang alim dengan ilmu salaf. Barangsiapa yang mendapatkan dagingnya dan memakannya, berarti ia mendapatkan sebagian ilmunya. Jika ia mendapatkannya dalam tong sampah, berarti ia adalah seorang alim yang menyia-nyiakan ilmunya dan tidak terkenal dengan ilmunya itu.

Mimpi melihat kepiting berarti melihat seorang yang berpandangan jauh dalam rencananya, bercita-cita tinggi dan kokoh dalam pendiriannya. Dan barangsiapa yang mendapatkan dagingnya, berarti ia akan mendapatkan harta.

Disebutkan oleh sebagian orang bahwa kepiting adalah makhluk Allah yang paling besar penciptaannya setelah binatang ular.