Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid (Terlengkap)

doa masuk masjid dan keluar masjid

Salikun.com – Artikel ini membahas tentang keutamaan masjid dan orang yang gemar ke masjid. Kemudian variasi macam-macam doa masuk masjid, doa keluar masjid dengan redaksi yang berbeda-beda dari Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kemuliaan Masjid dan Orang yang Gemar ke Masjid

Masjid adalah tempat ibadah bagi seorang muslim. Masjid juga disebut sebagai rumah Allah, karena di dalamnya banyak disebut namaNya. Masjid menjadi pusara aktivitas harian orang mukmin, sebab minimal 5 kali dalam sehari, diramaikan oleh para jamaah.

Bahkan Rosulullah sallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda tentang golongan yang diberi pertolongan Allah subhaanahu wa ta’ala di hari kiamat adalah pemuda yang tumbuh dalam ibadah dan seorang yang hatinya terpaut dengan masjid.

سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمُ اللَّهُ في ظِلِّهِ يَوْمَ لا ظِلَّ إلَّا ظِلُّهُ: إِمامٌ عادِلٌ، وشابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ اللَّه تَعالى، وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ في المَسَاجِدِ، وَرَجُلانِ تَحَابَّا في اللَّه: اجتَمَعا عَلَيهِ، وتَفَرَّقَا عَلَيهِ، وَرَجُلٌ دَعَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ، وَجَمَالٍ فَقَالَ: إِنِّي أَخافُ اللَّه، ورَجُلٌ تَصَدَّقَ بِصَدَقَةٍ فأَخْفَاها، حتَّى لا تَعْلَمَ شِمالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينهُ، ورَجُلٌ ذَكَرَ اللَّه خالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ

7 golongan yang Allah akan beri mereka naungan pada saat tidak ada naungan kecuali naungan dari Ar Rahman. (1) Pemimpin yang adil, (2) Pemuda yang tumbuh dan berkembang dalam ibadah kepada Allah ta’ala, (3) Seorang yang hatinya terikat dengan masjid, (4) Dua orang yang saling mencintai karena Allah, mereka bertemu karenaNya dan berpisah karenaNya, (5) Seorang laik-laki yang diajak oleh wanita cantik dan kaya untuk berbuat zina, namun ia justru berkata, “Aku takut kepada Allah ta’ala”, (6) Seorang yang mensedekahkan hartanya namun dengan cara sembunyi-sembunyi. Sehingga -seakan- tangan kirinya tidak tahu apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya, (7) Seorang yang berdzikir dan mengingat Allah dalam kesendirian hingga matanya berlinang air mata. (HR Bukhari Muslim)

Dalam Islam segala aktivitas ibadah (mahdhoh khusunya) telah ditetapkan aturan dan adabnya. Termasuk saat hendak pergi ke masjid. Ada beberapa doa yang diajarkan Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam saat keluar rumah menuju masjid, saat akan masuk masjid dan keluar masjid.

Berikut penjelasan tentang doa pergi ke masjid.

Doa Pergi ke Masjid

Salah satu doa yang diajarkan Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam ketika keluar rumah menuju masjid adalah doa meminta hidayah dan diberi cahaya iman dalam dirinya.

Doa pergi menuju masjid ini ada 2 tipe yaitu tipe doa pendek dan tipe doa yang panjang. Doa yang ringkas ini disebutkan dalam hadits shahih riwayat Bukhari, Muslim, dan Ahmad.

Doa Pergi ke Masjid, Ringkas

اللهم اجعل في قلبي نوراً، وفي لساني نوراً، وفي سمعي نوراً، وفي بصري نوراً

Teks Latin

Allahummaj’al fii qolbii nuuron, wa fii lisaanii nuuron, wa fii sam’ii nuuron, wa fii bashorii nuuron.

Artinya

Ya Allah jadikan dalam hatiku ini bercahaya, dalam lisanku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, dan dalam penglihatanku cahaya. (HR Muttafaq ‘alaihi)

doa pergi ke masjid

Doa Pergi ke Masjid, Lengkap Panjang

Sementara doa yang panjang, disebutkan dalam riwayat Ahmad dan Nasai dengan status hadits shahih.

اللهم اجعل في قلبي نوراً، وفي لساني نوراً، وفي بصري نوراً، وفي سمعي نوراً، وعن يميني نوراً، وعن يساري نوراً، ومن فوقي نوراً، ومن تحتي نوراً، ومن أمامي نوراً، ومن خلفي نوراً، واجعل لي في نفسي نوراً، وأعظم لي نوراً

Teks Doa Latin

Allahummaj’al fii qolbii nuuron, wa fii lisaanii nuuron, wa fii bashorii nuuron, wa fii sam’ii nuuron, wa ‘an yamiinii nuuron, wa ‘an yasaarii nuuron, wa min fauqii nuuron, wa min tahtii nuuron, wa min amaamii nuuron, wa min kholfii nuuron, waj’al lii fii nafsii nuuron, wa a’dzim lii nuuron

Artinya

Ya Allah jadikan dalam hatiku ini bercahaya, dalam lisanku ada cahaya, dalam penglihatanku ada cahaya, dalam pendengaranku ada cahaya, dari sebelah kananku cahaya, dari sebelah kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, dari belakangku cahaya, jadikan dalam jiwaku ada cahaya dan muliakanlah diriku ini dengan pancaran cahaya.

Doa diatas dibaca saat keluar rumah menuju masjid, atau juga bisa dibaca saat berjalan menuju masjid. Adapun jika telah sampai di masjid dan hendak masuk masjid berdoa dengan doa di bawah ini.

Baca juga : Doa khusus dari Nabi Setelah Sholat Tahajud

Doa Masuk ke dalam Masjid

Tuntunan doa masuk masjid ini diriwayatkan dalam banyak riwayat dan dengan status hadits yang bermacam macam.

Namun ketika para ulama’ membahas bab doa, mereka membolehkan doa dengan doa apapun itu baik yang status haditsnya shohih ataupun dhoif. Sebab berdoa tanpa dengan redaksi apapun dibolehkan dan syariat memberi kelonggaran dalam bab ini.

Hanya yang menjadi catatan dan keyakinan adalah jika hadits itu shohih berarti itu merupakan ucapan Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam. Adapun bila kedudukannya sangat dhoif maka itu diyakini sebagai bukan ucapan Nabi, namun bisa jadi dinisbatkan kepada ucapan sahabat, tabiin atau orang setelahnya yang tentunya juga termasuk orang shaleh dan bisa dipakai dalam masalah fadhilah ‘amal.

Namun demikian, dalam artikel ini kami nukilkan doa-doa Nabi dari hadits yang shohih dan hasan.

Doa masuk Masjid (1)

 اللهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Teks Latin

Allahummaftah lii abwaaba rohmatik.

Artinya

Ya Allah bukakanlah pintu rahmatMu untukku. (HR Muslim, Abu Daud, Nasai)[1]

Doa Masuk Masjid (2)

Kemudian doa masuk masjid dengan redaksi riwayat yang lain adalah dengan mengucapkan sholawat kepada Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam, kemudian berdoa dengan doa seperti diatas.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

اللهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Teks Latin

Allahumma sholli ‘alaa muhammad

Allahummaftah lii abwaaba rohmatik.

Artinya

Semoga Allah ta’ala curahkan sholawat kepada Nabi Muhammad

Ya Allah bukakanlah pintu rahmatMu untukku.

(HR Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaiman dan lainnya)[2]

Doa Masuk Masjid (3)

Macam variasi doa masuk masjid ketiga adalah sebagaimana dalam riwayat Abu Daud dan Imam Baihaqi. Bahwa Nabi jika masuk masjid berdoa dengan doa berikut.

أَعُوذُ بِاللَّهِ الْعَظِيمِ، وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيمِ، وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيمِ، مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Teks Latin

A’udzubillahil ‘adziim, wa bi wajhihil kariim, wa sultoonihil qodiim, minas syaitoonir rojiim.

Terjemahnya

Aku berlindung kepada Allah yang Maha Agung, dengan wajahNya yang Mulia, dengan kekuasaanNya yang qadiim, dari godaan syetan yang terkutuk. (HR Abu Daud, Al Baihaqi)[3]

Doa diatas juga biasa disebut sebagai doa masuk masjid nabawi. Yaitu dengan tambahan setelah kalimat diatas dengan doa, Allahummaftah lii abwaaba rohmatika (seperti doa diatas). Kemudian ditambahkan dengan lafal sholawat nabi (Allahumma sholli a’laa muhammad rosulillah)

Doa Masuk Masjidil Haram

Adapun saat memasuki masjidil haram di Makkah, maka disunnahkan masuk dengan kaki kanan dan berdoa dengan doa berikut.

اللهم أنت السلام ومنك السلام فحينا ربنا بالسلام وأدخلنا الجنة دار السلام تباركت ربنا وتعاليت يا ذا الجلال والإكرام.
اللهم افتح لي أبواب رحمتك ومغفرتك وأدخلني فيها. بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله

Allahumma antas salaam wa minkas salaam fahayyinaa robbanaa bissalaam wa adzkhilnaal jannata daaros salaam tabaarokta robbana wa ta’alaita ya dzal jalaali wal ikroom.
Allahummaftahlii abwaaba rohmatik wa maghfirotik wa adkhilnii fiihaa, bismillah was sholaatu was salaam ‘alaa rosulillah


Ya Allah Engkaulah yang Maha Damai darimulah keselamatan serta kembalinya keselamatan, dan masukkanlah kami ke dalam surga tempat kedamaian, Maha Agung Engkau Tuhan kami dan Maha Tinggi wahai Dzat pemilik Keagungan dan Kemuliaan.
Ya Allah bukakanlah pintu-pintu rahmatMu dan AmpunanMu serta masukkanlah saya kedalamnya, dengan menyebut nama Allah segala puji bagi Allah, sholawat dan salam atas Rosulullah.

Doa Keluar Masjid

Jika ada doa untuk masuk masjid, maka juga ada doa keluar masjid. Mudah-mudahan deng doa keluar masjid itu, seorang muslim tetap diliputi rahmat dan perlindungan dari Allah ta’ala.

Berikut doa-doa shohih dari Nabi saat seseorang hendak keluar masjid.

Doa Keluar Masjid (1)

اللهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Teks Latin

Allahumma Inni As_aluka min fadhlik.

Artinya

Ya Allah aku memohon kepadamu karuniaMu. (HR Muslim, Abu Daud, Nasai)[4]

Doa Keluar Masjid (2)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ

اللَّهُمَّ اعْصِمْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Teks Latin

Allahumma sholli ‘alaa muhammad

Allahumma i’simnii minas syaitoonir rojiim

Terjemahnya

Semoga Allah ta’ala curahkan sholawat kepada Nabi Muhammad.

Ya Allah lindungilah aku dari Syetan yang terkutuk.

(HR Nasai, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaiman dan lainnya)[5]


[1] Hadits ini adalah shahih

[2] Imam Al Hakim menyebut hadits ini shahih, sementara menurut sebagian ulama’ ini adalah hadits dhoif.

[3] Hadits Hasan

[4] Hadits shahih

[5] Al Hakim mengatakan hadits ini shahih dan ulama’ lainnya menganggap dhoif.