Doa Selamat Dunia Akhirat dan Variasi Lainnya

doa selamat dunia akhirat

Salikun.comKumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat beserta macam-macam doa. Yuk Kita hafalkan agar selamat kita diselamatkan dari marabahaya dan petaka dunia dan akhirat.

Doa Selamat Dunia Akhirat

Seringkali manusia menginginkan keselamatan dan kesehatan di dunia. Tempat ia hidup dan tempat ia bersenang-senang menikmati kehidupan.

Namun, bagi seorang muslim keselamatan itu memiliki 2 dimensi yaitu selamat di dunia dan juga di akhirat. Sebab setelah kehidupan dunia yang fana ini, ada kehidupan akhirat yang jauh labih panjang dan abadi.

Keselamatan yang diminta di dunia adalah selamat dari marabahaya dan malapetaka, kesembuhan dari penyakit, kesusahan yang mendalam dari musibah besar serta kesedihan yang tiada ujungnya.

Baca juga : Hafalkan Doa Mohon Kesembuhan Ini, Semoga Penyakitmu lekas Hilang

Keselamatan itu juga bisa berarti keselamatan dalam berkeyakinan dan beraqidah sesuai dengan aqidah para Nabi alaihimussalam. Sebab ketenangan dalam jiwa adalah hakikat dari ketenangan hidup yang sebenarnya. Karena betapa banyak orang yang memiliki nila materalis tinggi namun miskin dari ketenangan hidup.

Sementara maksud selamat di akhirat adalah selamat dari kegelisahan di alam barzakh, kesengsaraan dalam hari perhitungan amal, dan jauh dari murkanya Allah subhaanahu wa ta’ala.

Semua itu dilandaskan pada iman kepada Allah ta’ala. Sebab hakikat selamat dan puncak sukses bagi seorang mukmin adalah ketika langkah kakinya menapaki pinta surgaNya Allah jalla jalaaluhu. Sebagai simbol bahwa Allah ta’ala memberi ridhoNya.

Suatu ketika Imam Ahmad bin Hanbal pernah ditanya oleh seseorang.

متى الراحة يا إمام ؟ فأجاب : عند أول قدم تضعها في الجنة

Kapankah seorang itu beristirahat (sukses dari penatnya dunia), maka Imam Ahmad menjawab. “Saat langkah kaki pertamanya menginjakkan di dalam surga Allah ta’ala.”

Agar seorang sukses serta selamat dunia akhirat, maka tidak serta merta ia hanya berusaha saja. Tetapi yang perlu ia lakukan adalah bertawakkal, menyerahkan segala urusan kepada Allah ta’ala dan memperbanyak doa kepadaNya.

Salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi adalah doa selamat dunia akhirat. Ada banyak macam dan variasinya. Berikut beberapa doa yang bisa menjadi pilihan saat kita menengadahkan tangan kita kepadaNya.

doa selamat

Doa Sapu Jagat, Doa Selamat Dunia Akhirat dan Artinya

Doa selamat dunia akhirat ini paling sering dibaca oleh Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wa sallam. Disebut sebagai sapu jagat, karena di dalamnya menghimpun seluruh permohonan kebaikan dunia dan akhirat.

Doa selamat dunia akhirat yang sering diucapkan bahkan anak-anak kecil pun juga diajari doa ini.

Doa dengan Lafadz Arab

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

latin
Robbana aatinaa fied dunyaa hasanah wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaaban naar.

Artinya
Ya Tuhan, berilah kami kebaikan (dan selamat) di dunia dan akhirat, serta jauhkanlah kami dari siksa api neraka.

Doa diatas diabadikan oleh Allah ta’ala dalam surat Al Baqoroh ayat 201 dan sebagai pembeda diantara manusia yang disebutkan dalam Al Baqoroh ayat 200.

فَمِنَ النَّاسِ مَن يَقُولُ رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا وَمَالَهُ فِي اْلأَخِرَةِ مِنْ خَلاَقٍ (200) وَمِنْهُم مَّن يَقُولُ رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (201

Diantara manusia ada orang yang berdoa, Ya Tuhan kami berilah kami kebaikan di dunia, sementara tidak ada bagian untuk mereka di akhirat sedikitpun. (200) Namun ada orang-orang yang berdoa Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan (dan selamat) di dunia dan akhirat. serta jauhkanlah kami dari api neraka. (201)

Dari ayat diatas dapat disimpulkan, bahwa orang akan mendapat kebaikan sesuai dengan apa yang dimintanya. Jika ingin sukses dan selamat di dunia saja, kemudia seseorang menetapi sunnah kauniah yang Allah tentukan maka ia akan beroleh kebaikan di dunia saja.

Sedangkan siapa saja yang meminta kebaikan dan selamat dunia akhirat, kemudian ia juga menjalankan sunnah kauniah dan sunnah quraniyah maka Allah akan permudah jalan seseorang untuk bahagia dunia dan akhirat.

Dalam hadits shahih, riwayat Bukhari dan Muslim, Nabi bersabda saat menjelaskan tentang posisi seseorang di surga atau neraka.

اعملوا فكل ميسر لما خلق له، أما أهل السعادة فييسرون لعمل أهل السعادة، وأما أهل الشقاوة فييسرون لعمل أهل الشقاوة

Bekerjalah kalian, karena setiap orang akan dimudahkan untuk melaksanakan apa yang ditaqdirkan baginya. Adapun orang yang akan selamat dan sukses (masuk surga) ia akan dipermudah untuk beramal dengan amalan orang yang selamat (ahli surga). Adapun orang yang sengsara (masuk neraka) maka ia akan dipermudah untuk beramal dengan amalan orang-orang yang sengsara (masuk neraka). (HR Bukhari Muslim)

doa selamat panjang

Doa Selamat Panjang dan Artinya

Contoh doa minta keselamatan dunia dan akhirat yang lebih panjang dan lebih lengkap adalah doa dengan bahasa arab berikut ini

اللهم إنا نسألك سلامة في الدين وعافية في الجسد وزيادة في العلم وبركة في الرزق وتوبة قبل الموت ورحمة عند الموت ومغفرة بعد الموت

اللهم هون علينا في سكرات الموت والنجاة من النار والعفو عند الحساب

ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة انك انت الوهاب

ربنا آتنا في الدنيا حسنة وفي الآخرة حسنة وقنا عذاب النار

Doa dengan Huruf Latin

Allahumma innaa nas_aluka salaamatan fid diin, wa ‘aafiyatan fil jasadi, wa ziyaadatan fil ‘ilmi, wa barokatan fir rizqi, wa taubatan qoblal mauti, wa rohmatan ‘indal mauti, wa maghfirotan ba’dal mauti.

Allahumma hawwin ‘alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal ‘afwa ‘indal hisaab.

Robbanaa laa tuziq quluubanaa ba’da idz hadaitanaa wa hablanaa min ladunka rohmah, innaka antal wahhaab.

Robbana aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah wa qinaa ‘adzaaban naar.

Arti dan Terjemahnya

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon selamat dalam agama, kesehatan dalam jasmani, bertambah dalam ilmu, barokah dalam rezeki, bertaubat sebelum meninggal dunia, mendapat rahmat saat maut menjemput, dan diliputi ampunan setelah meninggal dunia.

Ya Allah, tolonglah kami saat menghadapi sakarotul maut, selamatkan dari siksa api neraka dan ampunilah dosa kami saat hari perhitungan amal.

Ya Tuhan kami, jangan Engkau palingkan hati kami setelah engkau memberinya petunjuk, dan anugrahi kami rahmat di sisiMu, sesungguhnya engkau Dzat yang Maha memberi Anugerah.

 Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan selamat dunia akhirat, dan jauhkanlah kami dari pedihny adzab neraka.

Berikut ini video dan mp3 doa selamat dunia akhirat versi panjang. Download dan lihat melalui channel youtube berikut ini.

Doa Selamat Pendek Ringkas dan Artinya

Salah satu doa minta selamat yang ringkas adalah doa berikut

اللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ تَبَارَكْتَ يا ذَا الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal Jalaali wal Ikroom

Artinya

Ya Allah, Engkaulah Tuhan yang memberi selamat darimu keselamatan berasal. Maha Suci pemilik Keagungan dan Kemuliaan.

Doa diatas biasanya dibaca setelah melaksanakan shalat fardhu. Tepatnya setelah membaca kalimat istighfar 3x setelah shalat wajib.

Namun demikian, isi dalam doa itu bermakna minta keselamatan yang umum dan bisa dibaca dalam kesempatan di luar waktu tersebut. Jadi tidak ada ikatan waktu dalam doa ini.

doa minta keselamatan

Doa Selamat untuk Orang yang Ulang Tahun

Pada hakikatnya umur manusia itu terus berkurang seiring berjalannya waktu. Maka tidak ada yang bisa kita harapkan dari berkurangnya jatah umur itu, kecuali ingin bertambah kebaikan dan keberkahan.

Adapun penambahan bilangan umur hanya sebatas pengingat bahwa kita akan semakin mendekati masa tua. Masa yang lemah dan berlalunya waktu muda.

Maka ketika seseorang berulang tahun pada masa itu, alangkah baiknya tidak menghamburkan kesenangan melampaui batas. Namun hendaknya memperbanyak amal shalih dengan bersedekah dan lain sebagainya.

Kemudian ucapan yang hendaknya kita ungkapkan kepada orang yang berulang tahun adalah

بارك الله في عمرك

Baarokallahu fii ‘umrika

Semoga Allah ta’ala memberkahi umurmu

Semoga dengan mengingat masalah akhirat, dan mengetahu kedudukan umunya. Bertambah pula rasa takwa dan iman seseorang. Bertambah pula kedekatannya dengan Allah ta’ala.

Doa Selamat dari Dajjal

Diantara doa selamat yang dibaca oleh seorang muslim adalah minta perlindungan diselamatkan dari fitnah Dajjal.

Dajjal adalah makhluk yang membuat kerusakan di muka bumi. Menyebar api fitnah dan subhat di dunia, dan bertujuan membuat murtad umat Muhammad sallallahu ‘alahi wa sallam.

Bahkan karena besarnya fitnah dajjal ini, dalam riwayat Ibnu Majah, Nabi sampai menyebut tidak ada fitnah yang lebih besar sejak zaman Nabi Adam hingga hari akhir, melebihi fitnah Dajjal.

Begitu pula para Nabi sebelum Nabi Muhammad, juga mengingatkan umatnya akan bahaya fitnah dan kedatangan al masih dajjal.

Salah satu doa agar diberi selamat dari fitnah dajjal adalah doa yang dilafalkan saat tasyahud akhir.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ ، وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ ، وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ ، وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Allahumma inna a’udzubika min ‘adzaabi jahannam, wa min ‘adzaabil qobri, wa min fitnatil mahyaa wal mamaati, wa min syarri fitnatil masiihid dajjal.

Artinya

Ya Allah aku berlindung kepadamu dari siksa neraka jahannam, dari siksa adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah al masih dajjal.

Doa ini juga boleh dibaca setelah shalat atau di waktu-waktu mustajab doa. Sebab ini juga termasuk doa yang umum untuk dibaca dimanapun.

So,, Jangan lupakan keluarga juga dalam doa kita. Sebab, kita semua ingin agar diri dan keluarga bersama-sama mendapat ridho Allah ta’ala dan masuk ke dalam surgaNya.

Add a Comment

Your email address will not be published.