Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Dibanding Bulan Lain

keistimewaan bulan dzulhijjah

Keistimewaan Bulan Dzulhijjah Menurut Sunnah

Salikun.com – Sesungguhnya Allah subahanahu wataala telah memudahkan bagi hambanya untuk beramal dengan amalan sholih di setiap waktunya. Maka tabiat dari manusia itu terkadang membutuhkan adanya kejutan atau pelipatgandaan amal pada waktu-waktu tertentu. Allah subhaanahu wataala telah menjadikan beberapa waktu dan bulan itu special bagi manusia, dimana saat itu banyak amalan dilipatgandakan.

Keutamaan itu semua adalah berasal dari Allah subhaanahu wa taala. Diantara hari-hari itu adalah beberapa hari dari bulan Ramadhan, hari-hari awal di bulan dzulhijjah, lailatul qadar, hari jumat dan lainnya.

Beberapa hari pertama dari Dzulhijjah itu memiliki fadhilah dan keutamaan yang banyak, beramal di saat itu akan dilipatgandakan pahalanya, maka bagi seorang muslim hendaklah memperhatikan dengan seksama hari-hari tersebut.

Baca juga : Yang Jarang Orang Tahu, Ini Khasiat Dzikir setelah sholat fardhu

Keistimewaan 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

  • Allah subhaanahu wataala telah bersumpah di dalam Al quran pada 10 hari pertama di bulan dzulhijjah. Maka jika Ia telah bersumpah dengan sesuatu itu menunjukkan agungnya di sisi Allah.

والفجر * وليال عشر *

Demi waktu fajar * dan demi hari-hari yang sepuluh (QS Al Fajr 1-2)

  • Jumhur ulama’ menyebutkan bahwa yang dimaksud 10 hari pada ayat tersebut adalah 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah, demikian pula pendapat dari Ibnu Umar dan Ibnu Abbas.
  • Dalam 10 hari tersebut ada hari Arafah, yang mana memiliki banyak keutamaan diantaranya adalah diampuni dosa-dosa dan dihindarkan dari api neraka.
  • Pada hari itu ada hari nahr yaitu hari terbaik di setiap tahunnya menurut sebagian ulama.
  • 10 hari tersebut banyak sekali amalan sholih yang dikerjakan oleh seorang muslim diantaranya puasa, sedekah, sholat dan haji bagi yang mampu. Oleh karenanya seluruh pokok ibadah telah tercantum di hari-hari itu.
  • Amalan-amalan sholih yang dikerjakan saat itu lebih utama bahkan jika dibandingkan dengan ibadah Jihad fie sabilillah yang menjadi puncak ibadah. Dan perbuatan sholih waktu itu lebih disukai oleh Allah Ta’ala dari pada hari-hari yang lainnya.
  • Di hari tersebut ada keutamaan dengan dilaksanakannya pamungkas dari rukun Islam yaitu haji di jalan Allah.

Baca juga : Ini Syarat Wudhu dan Rukun Wudhu yang Wajib Diketahui Seorang Muslim.

Amalan Istimewa di 10 hari pertama bulan Dzulhijjah

Agar seorang muslim mendapatkan barokah dan limpahan pahala di hari dzulhijjah itu maka hendaknya ia bersiap-siap diri untuk fokus beramal di bulan tersebut. Diantara amalan yang hendaknya ia lakukan adalah

  1. Taubat kepada Allah taala atas segala dosa. Hendaknya bagi seorang hamba untuk selalu memperbaharui taubatnya kepada Allah dengan sebenar-benarnya. Maka Allah ta’ala akan menerima taubat itu jika penyesalan seorang hamba begitu besar atas dosanya.
  2. Puasa di hari-hari itu. Rosulullah sallahu alaihi wasallam adalah orang yang paling gemar berpuasa pada hari-hari tersebut. Maka bagi seorang muslim dianjurkan pula berpuasa seperti yang telah dilakukan oleh nabi.
  3. Memperbanyak dzikir dan mengingat Allah. Hari-hari itu adalah yang mulia di sisi Allah ta’ala, maka disunnahkan memperbanyak takbir, tahlil dan tahmid.
  4. Menyembelih binatang qurban. Disunnahkan bagi seorang muslim untuk berudhiyah (qurban)dan meniatkannya di hari-hari awal bulan dzulhijjah, dan hendaknya ia tidak memotong rambut dan kukunya sesuai dengan hadist-hadist Rosulullah sallallahu alaihi wa sallam.
  5. Mengeluarkan sedekah. Dianjurkan juga untuk bersedekah dengan segala hal yang ia miliki demi mencari ridho Allah ta’ala terutama membagikan daging qurban kepada masyarakat.