Mimpi Kuda, Keledai dan Bighal, Apa Tafsirnya?

mimpi kuda

Salikun.comMimpi Kuda, Keledai dan Bighal, Apa Tafsirnya menurut Ulama’ Islam dan dalam Islam ?

Berikut ini penjelasan Ibnu Qutaibah dalam kitab ta’biiru ruyaa tentang tafsir mimpi hewan peliharaan seperti kuda, keledai dan bighal (campuran kuda dengan keledai).

Arti Mimpi Kuda

Bisyr bin Abu ‘Aliyah menuturkan bahwa Muhammad bin Sirin rahimahumullah dahulu kurang begitu suka dengan mimpi kuda.

Beliau berkata, “Kuda penarik beban adalah tanda permusuhan, bighal (persilangan antara kuda dan keledai) memiliki arti safar (bepergian), sedangkan keledai lebih banyak membuat kagum terkait takwil mimpi dan keledai yang paling kusukai adalah yang berwarna hitam.”

Baca juga : Kamu Pernah Mimpi Ular ? Berikut komentar ulama’ ahli tafsir mimpi

Para ahli tafsir menuturkan bahwa kuda berarti kemuliaan dan kekuasaan. Barangsiap bermimpi melihat dirinya berjalan di atas kuda jinak perlahan-lahan dengan peralatan lengkap berarti ia akan mendapatkan kekuasaan, kemuliaan, kehormatan dan kesatriaan di tengah manusia. Hal itu sesuai dengan kadar kejinakan kuda yang ditungganginya.

Barangsiapa bermimpi melihat dirinya mengikat seekor kuda untuk dirinya, atau miliknya maka seperti itulah yang akan menimmpanya. Setiap kali peralantannya berkurang, berarti kekuasaan dan kemuliaannya pun berkurang juga.

Mimpi Kuda Terbang

Tidak ada kebaikan menaiki atau mengendarai kuda ketika di perkebunan, atap atau tempat peribadatan, kecuali jika kuda itu memiliki sayap untuk terbang diantara langit dan bumi. Karena jika memimpikan hal itu (kuda terbang) berarti bentuk kemuliaan dalam agama dan dunia beserta safar yang dilakukannya.

Setiap anggota badan pada kuda merupakan bagian dari kekuasaan sesuai dengan kadar anggota badan tersebut. Barangsiapa bermimpi melihat dirinya di atas seekor kuda liar yang mengamuk atau kuda lari, berarti ia melakukan kemaksiatan atau tertimpa kengerian sesuai dengan kadar kesulitan kuda tersebut. Tafsir kuda dalam keadaan itu berarti hawa nafsunya.

Mimpi Kuda Hitam

Kuda hitam berarti tentang harta dan kekuasaan. Mimpi kuda coklat belang atau warna belang-belang adalah bentuk popularitas. Demikian juga dengan kuda warna hitam kemerahan berarti bentuk kekuatan dalam kekuasaan dan pertanda akan ada kekerasan di dalamnya.

Ekor kuda berarti pengikut seseorang. Jika ada banyak ekor berarti pengikutnya bertabah banyak. Jika bulunya yang banyak atau lebat, maka pengikutnya menjadi sedikit.

Mimpi Kuda Putih, Pirang dan Kuda Betina

Kuda yang berwarna pirang berarti kesedihan dalam kekuasaan beserta kebaikan dalam agama. Takwil mimpi ini khusus tentang kuda tunggangan, bukan kuda beban karena kuda malaikatpun juga berwarna pirang.

Adapun jika mimpi kuda putih atau kuda pirang yang digunakan untuk menarik beban, maka itu berarti simbol dari kesedihan bagi pemiliknya.

Adapun mimpi kuda berwarna kuning maka hal itu menunjukkan suatu penyakit. Kuda yang tidak dikenali dan tidak memakai peralatan jika masuk ke sebuah rumah, sebidang tanah atau toko berarti seorang lelaki mulia dari keturunan orang yang mulia. Apabila pada kaki kuda tersebut terdapat warna putih, berarti lelaki tersebut lebih mulia dari yang pertama karena kepopuleran kuda jenis ini.

Kuda betina berarti seorang wanita mulia atau barangkali berupa akad perjanjian atas jual beli rumah atau sebidang tanah.

Barangsiapa mimpi memakan daging kuda, berarti ia mendapatkan nama baik dan terkenal luhur di kalangan manusia. Jika ia mimpi minum susu, verarti ia mendapatkan ketenaran tersebut dari seorang penguasa beserta kebaikan yang ia dapatkan.

Kuda Pekerja atau Penarik Beban

Kuda penarik beban bisa diartikan sebagai harta seorang lelaki. Jika kuda itu jinak berarti kakeknya seorang yang rajin dan tekun. Arti warna pada kuda beban sama dengan arti warna pada kuda biasa.

Kuda pekerja betina dalam takwil sama dengan kuda tunggang yang berarti seorang wanita atau sebuah akad perjanjian.

Siapa yang mimpi memiliki seekor kuda pekerja atau mengikat kuda itu berarti ia akan mendapatkan pembantu yang akan mencukupinya.

Nabi Menafsirkan Mimpi Keledai

Mimpi keledai adalah bentuk harta seorang lelaki yang digunakan untu bekerja. Jika keledai itu baik dan jinak maka kebaikan yang datang kepada seseorang akan semakin banyak pula.

Mimpi keledai hitam berarti simbol dari harta dan kepemimpinan. Warna-warna keledai yang dimimpikan dalam tidur adalah sesuai dengan penjelasan warna mimpi kuda diatas.

Adapun mimpi tentang keledai betina berarti seorang wanita merdeka atau budak wanita. Dalam sebuah riwayat disebutkan bawah Abu Amr an Nakhai pernah berkata kepada Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Aku pernah bermimpi melihat seekor keledai betina di kampungku melahirkan seekor anak kambing berwarna hitam.” Nabi Muhammad kemudian bertanya kepadanya, “Apakah engkau punya budak wanita yang kau tinggalkan dalam keadaan hamil ?”

Abu Amr an Nakhai kemudai menjawab, “Ya, aku meninggalkan budak wanita di rumah yang hamil denganku.” Maka Nabi sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Budakmu telah melahirkan seorang anak lelaki dan ia adalah anakmu.”

Lalu Abu Amr bertanya,”lalu kenapa kulitanya berwarna hitam ?” Nabi berkata, “mendekatlah.” Lalu Nabi bertanya berbisik kepada an Nakhai, “apakah engkau punya penyakit lepra yang kau sembunyikan ?” maka dia berkata, “Benar, demi Dzat yang telah mengutusmu dengan kebenaran. Tidak ada seorangpun yang pernah melihatnya dan mengetahui hal itu.” Maka sabda Nabi, “Itulah sebabnya.”

Mimpi Bighal (Blesteran Keledai dan Kuda)

Siapa yang mimpi menunggangi bighal yang samar berarti ia melakukan safar. Jika bighal tersebut jantan, maka safarnya menjadi lebih sulit.

Jika seseorang menaiki bighal betina, dan pada mimi tersebut ada tanda-tanda yang menunjukkan aktivitas safar, maka itu bermakna safar bepergian. Jika tidak demikian maka bisa juga diartikan sebagai panjangnya hidup seseorang.

Barangsiapa yang bermimpi memiliki bighal betina yang bunting atau hamil. Maka itu bermakna harapan agar hartanya terus bertambah. Jika baghal itu beranak, maka harapannya tersebut akan terwujud.

Apabila seseorang bermimpi tentang bighal, keledai atau kuda atau semua makhluk yang tidak dapat bicara, tetapi dalam mimpi itu bisa bicara kepada seorang itu bermakna akan ada yang mendapat urusan atau perkara yang membuat banyak orang takjub kepadanya.

________

*** Tafsir mimpi kuda diatas dinukilkan dari buku Ta’biru Ru’yaa karya Imam Ibnu Qutaibah rahimahullah.

*** Saat seseorang bermimpi dengan mimpi diatas, maka sejatinya tidak ada yang memberi manfaat atau marabahaya kecuali Allah subhaanahu wa ta’la. Sehingga kurang tepat jika mimpi itu diartikan sebagai sumber keberuntungan atau angka-angka togel yang ada unsur maisir nya.

*** Para ulama’ pada umumnya membagi mimpi manusia itu menjadi 3 bentuk mimpi. Mimpi yang benar berarti kabar kebaikan, kemudian mimpi buruk yang berasal dari gangguan syetan serta mimpi bawaan atau bunga tidur.

Add a Comment

Your email address will not be published.