Mimpi Menikah, Hamil dan Bersetubuh; Apa Artinya ?

Mimpi Menikah, Hamil dan Bersetubuh; Apa Artinya ?

Salikun.comMimpi Menikah, Hamil dan Bersetubuh; Apa Artinya ?

Para ulama’ dalam tafsir mimpi menyebutkan bahwa jika mimpi itu termasuk ru’yaa shodiqoh (mimpi yang benar)[1] maka terbagi menjadi 2 hal. Yaitu mimpi yang benar seperti yang terjadi dalam tidurnya itu dan mimpi yang masih perlu ditakwil atau ditafsir.

Jenis mimpi yang perlu ditakwil ini tidak bisa diartikan sendiri oleh orang yang bermimpi jika tidak memiliki kapabilitas dalam tafsir mimpi. Namun ia bisa mendatangi ulama’ yang faham tentang tafsiran mimpi serta dikenal mengetahui Al Quran dan sunnah.

Apalagi jika yang bermimpi itu adalah orang yang beriman dan taat maka mimpinya adalah mimpi yang benar, sebagaimana disebutkan oleh Nabi sallalahu’alaihi wasallam.

رُؤْيَا الْمُؤْمِنِ جُزْءٌ مِنْ سِتَّةٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنَ النُّبُوَّةِ

“Mimpi seorang mukmin adalah satu bagian dari 46 bagian kenabian.” (HR Muttafaq ‘alaih)

Terutama jika yang bermimpi itu adalah orang yang jujur di kehidupan normalnya, maka mimpinya akan semakin memiliki makna dan shodiqoh (benar). Hal ini sesuai dengan sabda Nabi.

إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤْيَا الْمُسْلِمِ تَكْذِبُ وَأَصْدَقُكُمْ رُؤْيَا أَصْدَقُكُمْ حَدِيثًا

“Jika hari kiamat telah dekat (akhir zaman), hampir-hampir mimpi seorang muslim itu tidak dusta. Dan yang paling benar diantara kalian tentang mimpi adalah yang paling benar dalam bicaranya (saat terbangun/tidak tidur). (HR Muslim)

Baca juga : Mimpi gigi copot dan terlepas, apa artinya menurut ulama’ islam ?

Diantara yang paling sering dilihat dalam mimpi adalah mimpi menikah, mimpi hamil, kawin (bersetubuh), haid, junub, melahirkan dan mimpi cerai atau talak antara suami dan istri.

Dan berikut ini arti mimpi yang diringkas dari kitab Ta’biru Ru’yaa li karya Ibnu Qutaibah, Mu’jam Tafsir Ahlam karya Abdul Ghani an Nabulsi dan Jami’ Tafsir Ahlam karya Syaikh Muhammad al Ihsai.

Mimpi Menikah Menurut Ulama Islam

Menurut Imam an Nabulsi, Mimpi menikah adalah simbol dari keuntungan dan pekerjaan yang diperoleh. Jika ia bermimpi menikahi wanita dan kemudian wanita itu mati, maka profesi dan pekerjaan dia tidak akan menghasilkan apa-apa.[2]

Hampir sama dengan an Nabulsi, menurut Ibnu Qutaibah Barangsiapa yang bermimpi menikahi seorang wanita, ia akan mendapatkan kekuasaan yang sesuai dengan kadar kecantiakan wanita tersebut.

Demikian halnya jika ia mimpi melihat seorang wanita dan mengenalnya atau wanita tersebut bernasab kepadanya, maka tafsir mimpinya hampir sama dengan diatas yaitu mendapatkan keuntungan.

Jika ia bermimpi menjadi pengantin, namun tidak melihat istrinya atau tidak mengenalnya, serta nama dan nasabnya tidak disebutkan, maka itu berarti kematiannya atau pembunuhan seseorang dengan tangannya. Barangsiapa menikahi seorang wanita yang telah mati, niscaya ia mendapatkan satu urusan yang mati.[3]

Siapa yang menikahi seorang wanita yang telah mati dan termasuk mahramnya, berarti ia menyambung tali silatuahmi. Apabila wanita tersebut masih hidup, berarti ia memutus hubungan tali silaturahmi dengannya.

Barangsiapa yang mimpi membeli seorang budak wanita, berarti ia akan mendapatkan kebaikan.

Baransiapa yang bermimpi menikahi seorang anak yatim yang tidak dikenal, ia akan mendapatkan musuh. Jika anak yatim tersebut dikenalnya, maka ia telah meletakkan kebaikan tidak pada tempatnya.[4]

Barngsiapa yang menikahi seorang lelaki muda yang tidak ia kenal, berarti ia adalah musuh yang berhasil ditangkap. Jika orang yang ia nikahi seorang lelaki tua, ia adalah kakeknya. Jika orang tersebut diketahui, berarti ia mendapatkan suatu urusan dari orang tersebut. Demikian halnya dengan ciuman dan persetubuhan yang terjadi.

Jika ia bermimpi melihat seorang lelaki menikahi istrinya, berarti keluarga si wanita tersebut akan mendapatkan kebaikan dan kekayaan.

Barangsiapa yang melihat seorang wanita yang tidak bersuami dalam mimpinya ternyata telah bersuami, dan melihat ada seorang lelaki yang telah mati menikahinya kemudian menggaulinya di dalam rumahnya, itu berarti harta wanita tersebut akan berkurang dan sebagai peneguhan baginya. Namun apabila menyetubuhinya di dalam rumahnya sendiri yang tidak diketahui, berarti wanita tersebut akan mati.

Apabila ia melihat dalam mimpinya seorang wanita yang telah memiliki suami menikah dengan lelaki lain, maka wanita tersebut akan mendapatkan keutamaan dan kebaikan. Demikian halnya dengan seorang lelaki.

Mimpi menikah ini bersifat umum, baik itu mimpi menikah dengan pacar (teman) atau menikahi orang lain yang tidak ia kenal. Mimpi ini juga berlaku untuk menikah yang pertama kalinya atau menikah untuk yang kesekian kalinya dengan maksimal memiliki istri empat (poligami), maka tafsirnya adalah seperti diatas.

mimpi menikah dan bersetubuh

Arti Mimpi Menikah dan Bersetubuh

Semua nikah dalam mimpi yang disertai mengeluarkan air mani dan mengharuskannya untuk mandi janabat, maka mimpi tersebut tidak ditakwil.

Bisyr bin Abul ‘Aliyah menybutkan bahwa Muhammad bin Sirin[5] (Tabiin murid Abu Hurairah) berkata, “Barangsiapa yang bermimpi menikahi wanita maka mimpinya itu berasal dari syetan, hal ini meskipun tidak mengeluarkan air mani.”

Barangsiapa yang bermimpi mendatangi istri-istri raja lalu bersetubuh atau menggauli mereka, itu berarti perlindungan baginya dari para raja jika dalam mimpinya terdapat tanda kebaikan. Jika tidak, berarti ia telah menggunjing mereka.[6]

Barangsiapa yang menyetubuhi wanita pada duburnya atau menyetubui selain wanita, berarti ia memasuki suatu urusan tidak melalui jalan yang benar.

Barangsiapa diantara pecinta dunia yang bermimpi menikahi seorang wanita pezina, berarti ia mendapatkan harta yang haram. Namun apabila yang bermimpi demikian adalah seorang lelaki shalih maka tafsirnya adalah ia akan mendapatkan ilmu.

Apa Arti Mimpi Menikah, Hamil, Melahirkan dan Menyusui?

Apabila ia melihat dalam mimpinya ia tengah hamil, itu berarti peningkatan dalam urusan dunianya baik itu rezeki, harta atau yang lainnya.

Jika ia melahirkan anak wanita, ia berarti akan mendapatkan kebaikan dan bisa juga dari keturunannyalah akan menjadi pemimpin keluarga. Namun jika ia melahirkan anak lelaki, itu berarti kegalauan atau kegundahan yang ia dapat.[7] Namun menurut ulama’ lain, secara umum mimpi melahirkan adalah baik (baik melahirkan laki atau perempuan).

Jika yang bermimpi itu adalah seorang anak yang belum mencapai usia baligh, maka maksud mimpi itu ditujukan kepada orang tuanya. Jika yang bermimpi anak perempuan maka itu untuk ibunya dan jika yang bermimpi adalah anak laki, maka itu untuk ayahnya.[8]

Barangsiapa yang bermimpi menyusui seorang bayi atau menyusu dari bayi maka itu berarti penjara yang tertutup baginya.

Arti Mimpi Suami Istri Talak Cerai

Barangsiapa yang bermimpi mentalak istrinya berarti ia akan diturunkan dari kekuasaan atau tahtanya. Mahkota pada wanita berarti suaminya dan ia seorang raja atau sebanding dengan raja dan pemimpin.

mimpi menikah dan datang haid junub

Arti Mimpi Datang Haid dan Junub

Barangsiapa yang mimpi melihat istrinya haid, berarti urusannya tertutup baginya. Jika ia bersuci maka urusannya kembali terbuka untuknya. Jika ia menyetubuhinya ketika itu, maka urusannya terhalang kembali baginya. Jika ia sendiri yang merasa melihat dirinya haid, berarti ia telah melakukan perbuatan yang haram.

Apabila ia berimpi dirinya junub berarti urusannya menjadi samar baginya. Apabila setelah itu ia mandi dan mengenakan pemakaian, maka ia berhasil keluar dari keadaan tersebut. Demikian juga dengan wanita jika ia janabah maka tafsirnya sama.

Mimpi Melihat Kemaluan dan Anggota Tubuh yang Tidak Semestinya

Barangsiapa yang bermimpi melihat seriang wanita memiliki zakar seperti pada lelaki, sedangkan si wanita tersebut sedang hamil atau sudah memiliki seorang anak, maka anaknya ketika mencapai usia balig akan menjadi pemimpin. Jika tidak demikian, berarti mimpi tersebut akan terjadi pada walinya dan pemiliknya. Apabila wanita itu tidak memiliki wali dan tidak memiliki seorang anak, maka jika anaknya lahir, ia akan meninggal sebelum mencapai usia baligh.[9]

Barangsiapa melihat seorang lelaki memiliki kemaluan seperti kemaluan wanita, maka lelaki tersebut akan mendapatkan kehinaan dan kerendahan.

Barangsia yang melihat seorang wanita memiliki jenggot maka wanita tersebut tidak dapat mempunyai anak selamanya. Jika ia sudah memiliki seorang anak, maka ia akan memimpin keluarganya atau walinya menjadi orang yang terkenal diantara manusia.

Itulah beberapa tafsir mimpi menurut para ulama’ yang ahli di bidang takwil mimpi.

Kemudian yang menjadi catatan untuk zaman ini adalah bahwa mimpi seseorang itu jangan sampai menabrak kaedah aqidah. Sebab sebagian orang ada yang menjadikan mimpi ini sebagai tolak ukur keberuntungan, togel atau primbon jawa. Ini adalah kesalahan yang harus diluruskan, sebab sejatinya tidak ada yang mampu memberi manfaat atau marabahaya kecuali atas izin Allah subhaanahu wa ta’ala.


[1] Ada ru’yaa shodiqoh dan ada ru’yaa kadzibah. Ru’ya shoodiqoh adalah mimpi yang benar dan memiliki arti. Adapun ru’yaa kadzibah adalah mimpi bohong yang bisa jadi dari setan dan bisa jadi termasuk dari bunga tidur, karena terbawa keadaan.

[2] Mu’jam Tafsir Ahlam, Abdul Ghani An Nabulsi

[3] Ta’biru Ru’yaa, Ibnu Qutaibah

[4] Idem

[5] Ibnu sirin adalah ulama’ ahli fiqih dan juga ahli dalam tafsir mimpi. Ia adalah murid dari Abu Hurairah, Ibnu Umar, Anas bin Malik, Abdullah bin Zubair, Imran bin Husain dan lainnya. Ia adalah guru dari Qatadah bin Diamah, Ayub as sakhtiyani dan lainnya.

[6] Ta’bir Ru’yaa, Ibnu Qutaibah

[7] idem

[8] Jami’ tafasir Ahlam, karya Syaikh Muhammad bin Umar al Ihsai

[9] Ta’biru Ru’yaa, Ibnu Qutaibah

Add a Comment

Your email address will not be published.