Mimpi Potong Rambut dan Rambut Rontok, Apa Maknanya?

mimpi potonf rambut rambut rontok

Salikun.comMimpi Potong Rambut dan Rambut Rontok, Apa Maknanya?

Tidak Boleh Menceritakan Mimpi Kepada Sembarang Orang

Abu Rozin meriwayatkan dalam hadits shahih, bahwa Nabi sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda tentang adab menceritakan mimpi.

رؤيا المؤمِنِ جزءٌ مِنْ أربعينَ جُزْءًا مِنَ النبوَةِ ، وَهِيَ علَى رِجْلٍ طائِرٍ ما لم يُحَدِّثْ بِها ، فإذا تَحَدَّثَ بِها سقَطَتْ ، ولا تُحَدِّثْ بها إلَّا لبيبًا ، أوْ حبيبًا

Mimpi seorang mukmin adalah salah satu bagian dari 40 bagian kenabian. Mimpi tersebut tergantung di kaki burung selama ia tidak menceritakan mimpi tersebut. Namun jika ia menceritakan mimpi itu, maka jatuhlah mimpi itu. Dan janganlah menceritakan hal itu kecuali kepada orang yang bijak atau yang ia sukai. (HR Abu Daud, Turmudzi, Ibnu Majah dan Ahmad. Hadits shahih)

Maknanya tidak boleh menceritakan mimpi kepada sembarang orang. Mimpi yang memiliki makna hanya boleh diceritakan kepada orang yang pandai, bijaksana, berilmu dan orang yang ia percai bisa menasehatinya.[1]

Dan tidak layak mentafsirkan makna mimpi itu kecuali kepada orang yang bijak, alim tentang syariat dan faham kitabullah serta sunnah NabiNya.

Baca juga : Apa pendapat ulama’ islam tentang mimpi bertemu ular?

Menafsirkan hadits diatas, Ibnul Arabi mengatakan, “Orang alim (ahli ilmu islam) akan berusaha menafsirkan mimpi seseorang atas dasar kebaikan selagi memungkinkan. Orang bijak akan membimbing serta menolong orang tersebut menuju hal yang bermanfaat. Orang pintar merupakan orang yang ahli dan mengetahui tafsir mimpi dan ia akan mengajarkan sesuatu yang bermanfaat atau akan diam. Adapun orang yang dicintai, kalau ia mengetahui kebaikan maka ia akan ungkapkan itu, namun jika ia tidak tahu atau ragu maka ia akan diam dari mimpi itu…”[2]

Bagi seorang muslim, cara memahami mimpi itu terbagi menjadi 3 bentuk. Mimpi yang baik, mimpi buruk dan mimpi bawaan sebelum tidur.

Meyakini mimpi dapat merubah sesuatu adalah suatu hal yang salah. atau menjadikan mimpi ini layaknya keberuntungan dalam togel, itu juga tidak diperkenankan. Namun jika mimpi itu adalah hal yang baik, maka tafsiran mimpi dari para ulama ini adalah hasil ijtihad mereka, dalam mengkompromikan mimpi, dalil dan adat di tengah manusia.

Maka sejatinya, tidak ada yang dapat memberi manfaat dan madhorot kecuali atas kehendak dari Allah subhaanahu wa ta’ala.

Mimpi Tentang Rambut Sendiri

Termasuk diantara mimpi yang terjadi pada manusia adalah mereka melihat anggota tubuhnya tumbuh dengan rambut atau bulu. Atau ia melihat rambutnya rontok, botak atau beruban.

Berikut kami nukilkan tafsir mimpi tentang rambut, potong rambut dan artinya secara lengkap. Takwil mimpi ini kami kutipkan dari kitab ta’biru ruyaa, yang dikarang oleh Imam Ibnu Qutaibah, ulama’ abad 4 hijriah.

Mimpi Melihat Uban dan Rambut Panjang

Mimpi beruban berarti tanda ketenangan, sementara arti dari kepala ialah pemimpin. Mimpi melihat wajah memiliki arti pangkat atau jabatan.

Rambut kepala jika ia melihatnya panjang maka itu tanda kegundahan sesuai dengan panjang rambutnya. Adapun rambut kusut maka jika yang dilihat dalam mimpi itu orangnya memakai senjata berarti bentuk dari perhiasan.

Mimpi Potong Rambut Pendek, Rontok dan Botak Sebagian atau Semua

Barangsiapa yang bermimpi memotong (menggunduli semua) rambut dan ketika itu sedang berperang atau melaksanan haji maka artinya bentuk penghapusan dosa, jika hal itu dilakukan dalam bulan suci maka itu berarti kebaikan namun setingkat dibawah kebaikan saat musim haji.

Jika ia bermimpi potong rambu (mimpi rambut botak) sedang ia memiliki hutang, maka hutangnya akan terbayar dan apabila sedang mengalami kegalauan, maka ia akan terbebas dari kegelisahan tersebut.

Namun apabila ia bermimpi menggunduli rambut tetapi tidak dalam waktu dan keadaan diatas, berarti akan ada musibah terhadap pemimpinnya. Namun jika yang bermimpi demikaian ialah seorang pengusasa maka itu tanda ia akan dilengserkan.

Arti Mimpi Minyak Rambut

Minyak rambut berarti perhiasan, jika digunakan dengan kadar yang wajar. Jika minyaknya mengalir atau terlalu banyak berarti kegalauan.

Apabila minyaknya wangi, maka itu berarti pujian yang indah dan perhiasan.

Demikian halnya dengan minyak yang mahal dan semua jenis minyak wangi yang digunakan dengan kadar yang wajar, berarti pujian yang indah bersamaan itu ada bahaya dan kegelisahan.

Mimpi Jenggot dan Bulu yang Tumbuh di Tubuh

Barangsiapa yang bermimpi melihat jenggotnya memanjang melebihi kadarnya, berarti ia mendapat kegalauan atau akan terbelit hitang. Jika ia melihat jenggotnya berkurang dari batas minimal, maka berarti hutangnya akan terbayarkan.

Jika ia bermimpi melihat jenggotnya dicukur maka itu berarti wibawanya akan hilang di tengah manusia, karena ia termasuk dari wajah. Sementara wajah adalah simbol kewibawaan.

Rambut yang tumbuh di tempat yang tidak biasa ditumbuhi rambut berarti menunjukkan kegundahan dan kesulitan dalam hutang. Bahan pewarna rambut berarti penutup dan penghalang dari sesuatu.

Mimpi tentang kumis dan bulu ketiak merupakan pemalsuan terhadap sunnah. Sementara  berkurangnya rambut pada keduanya (kumis dan ketiak)merupakan hal yang terpuji. Sebaliknya bertambah lebatnya rambut di kedua bagian itu menunjukkan cela.

Demikian halnya dengan mimpi sedikitnya bulu kemaluan itu menunjukkan hal terpuji dan banyaknya rambut kemaluan itu bermakna kekuasaan orang ‘ajam.

Bulu atau rambut yang tumbuh pada tubuh yang sehat selain kejadian diatas itu bisa diartikan dengan harta. Jika ia melihat bulu pada badannya berkurang, berarti hartanya juga berkurang.

Namun. jika ia tengah memiliki hutang atau sedang ditimpa musibah kemudian bermimpi melihat rambut di badannya berkurang itu berarati musibah atau hutangnya akan berkurang.

Demikian halnya apabila seseorang bermimpi melihat rambutnya bersinar kemudian dicukur, padahal ia adalah orang kaya maka itu berati hartanya akan hilang. Namun jika ia dalam keadaan fakir, berarti ia akan menjadi kaya.

Bisyr bin Abul aliyah menuturkan bahwa Muhammad bin sirin rahimahumallah pernah berkata, “jika seorang bermimpi melihat rambut badannya bersinar, sedangjan ia memiliki hutang, itu berati hutangnya akan lunas. Jika rambutnya tidak dicukur berarti hutangnya tidak terbayar. Apabila dicukur rambutnya tapi dia dalam keadaan tidak memiliki hutang berarti hartanya akan hilang.”

https://salikun.com


[1] Dhowabitu ta’biru ruya, ibnu qutaibah

[2] Fathul Baari syarah shohih al bukhori, Ibnu Hajar al asqalani (12/369)

Add a Comment

Your email address will not be published.