Mimpi Ular, Apa Tafsirnya Menurut Ulama?

Salikun.com – Mimpi Ular, Apa Tafsirnya Menurut Ulama? Berikut panjelasan detail tentang takwil mimpi dalam Islam.

Tafsir Mimpi dalam Islam dan Jahiliah

Arti mimpi terhadap sesuatu sering dikaitkan dengan peristiwa yang akan muncul di kehidupan seseorang. Atau seseoranga akan was-was dengan mimpi itu.

Bagi mereka yang sangat percaya dengan dunia klenik, kejawen atau peruntungan, mimpi akan ditakwilkan sebagai sumber dan tanda keberuntungan atau nasib naas.

Padahal kepercayaan yang kuat terhadap peristiwa itu bisa menjerumuskan seseorang terhadap keyakinan terlarang. Apalagi meniadakan Allah dalam semua halnya.

Berbeda halnya dengan menafsirkan mimpi, tetapi meyakini bahwa sesuatu itu datang dan kembalinya kepada Allah ta’ala, tidak ada yang bisa berlaku kecuali atas izin Nya.

Bahkan Nabi Yusuf ‘alaihissalam dikenal sebagai nabi yang pandai dalam hal tafsir mimpi, dan hal ini disebutkan di dalam Al Quran. Dan syariat tafsir mimpi ini juga diakui di dalam Islam.

Hanya yang menjadi titik perbedaan takwil mimpi dengan orang jahiliah adalah tentang kejujuran. Kemudian hal-hal yang dilihat dalam mimpi ditafsirkan oleh mereka yang juga ahli dalam Al Quran dan disesuaikan dengan kaidahnya.

Kemudian titik tekan tafsir mimpi dalam Islam adalah menahan diri dari berucap keburukan manakala ada hal yang tidak disukai. Saling menjaga rahasia, agar aib tidak tersebar ke banyak orang, sebab mimpi adalah bagian dari privasi seseorang.

Salah satu ulama’ pakar ahli mimpi di masa tabiin adalah Muhammad bin sirin al Bashri rahimahullah (w 110 H). Ia adalah ahli fikih, ahli tafsir, dan perawi hadits. Ia adalah murid sahabat Abu Hurairah, Anas bin Malik, Ibnu Umar dan lainnya.

Terkadang ada beberapa orang yang mimpi melihat ular dengan berbagai macam ular. Berkelahi dengan ular piton dan ular sanca, mengejar ular kecil, hingga mimpi dipatuk atau digigit ular kobra. Kemudian mereka mengira-ngira mimpi ular pertanda apa? atau bertanya kepada para pakar, apa arti mimpi ular itu?

Nah berikut ini, kami tuliskan beberapa perkataan ulama’ islam tentang tafsir mimpi ular dan artinya.

Makna Mimpi Ular

Menurut Ibnu Qutaibah, mimpi ular artinya tanda bertemu musuh yang menyembunyikan permusuhannya. Barangsiapa yang mimpi berkelahi dengan ular, berarti ia menghadapi musuh yang bersifat sama dengan ular.[1]

Serupa dengan pendapat diatas, menurut Ibnu Sirin mimpi bertemu ular berarti simbol dari musuh, harta, negara dan sumber kehidupan. Hal itu karena dalam bahasa arab ular adalah al hayaatu hampir sama dengan kata al hayaah yang berarti hidup.

Jika si pemimpi berhasil membunuhnya, berarti ia telah menang dan berhasil mengalahkan musuhnya itu.

Arti Mimpi Digigit atau Dipatuk Ular

Jika ia terluka digigit atau dipatuk ular itu berarti musuhnya telah melukainya sesuai dengan kadar gigitan ular tersebut.

Apabila ia bermimpi memakan daging ular, berarti ia akan mendapatkan harta dari musuhnya serta mendapatkan kebahagiaan. Jika ia berhasil membelahnya menjadi dua, berati ia menuntut balas dari musuhnya.

Jika ada ular berbicara kepadanya dalam mimpinya dengan perkataan lembut, berarti ia akan mendapatkan kebaikan yang manusai akan takjub melihatnya. Begitu juga tafsir mimpi tentang ucapan yang keluar dari sesuatu yang tidak bisa bicara.

Apabila ia bermimpi melihat ular mati tanpa ada usaha perlawanan, berarti ada seorang musuh yang telah Allah padamkan kejahtannya dengan mudah.

Telur ular berarti menunjukkan musuh yang paling lemah. Ular hitam lebih jahat dari ular yang berwarna selain hitam.

mimpi digigit ular hitam

Mimpi Ular Besar, Hitam, Hijau, Putih Atau Banyak Ular

Barangsiapa yang mimpi melihat ular besar, hitam dan banyak jumlahnya, berarti ia memipin sebuah pasukan dan mendapatkan kerajaan yang besar.

Jika seseorang mimpi mendapatkan ular yang licin, tidak ada keburukan darinya dan tidak didapati senjata yang menyakitkan, berarti ia akan mendapat harta simpanan para raja. Barangkali harta itu berjumlah banyak sesuai dengan ciri diatas.

Siapa yang ketakutan dengan ular yang tidak dilihatnya, berarti ia merasa aman dari bahaya musuh. Jika ia melihat ular tersebut dan takut terhadapnya itu berarti pertanda ketakutan meliputi dirinya.

Demikian juga, siapa yang bermimpi dan bertemu dengan orang yang ditakuti dan terlihat olehnya dalam mimpi, maka itu tanda ketakutan tengah menyertainya.[2]

Menurut Ibnu Sirin rahimahullah, Jika seseorang bermimpi melihat ular besar sedang ia tidak takut dengan ular itu, maka ia akan dianugrahi kekuatan dan kekuasaan.

Mimpi Ular Masuk Rumah atau Kamar

Muhammad bin Sirin menyebutkan, barangsiapa memasukkan ular atau membuat masuk ular ke dalam rumahnya. Maka itu berarti akan ada musuh yang masuk ke dalam rumahnya dan hendak berbuat buruk.

Adapun jika si pemimpi berhasil menangkap ular tersebut, berarti ia akan mendapatkan keuntungan dari orang yang jahat tersebut.

Hal itu ditafsirkan oleh Ibnu Sirin sesuai dengan firman Allah ta’ala dalam surat Thaha ayat 21.

Hubungan Antara Mimpi Ular, Anak dan Wanita

Beliau rahimahullah juga mengatakan, barangsiapa bermimpi melihat ular keluar dari saluran kencing si pemimpi, berarti ia akan mendapatkan anak.

Mimpi ular juga bisa diartikan tentang wanita. Jika seseorang bermimpi memotong-motong ular menjadi 3 bagian, maka dalam kehidupannya ia mentalak cerai istrinya sebanyak tiga kali.

Mimpi membunuh ular juga bisa diartikan tanda akan seseorang melamar wanita. Diriwayatkan bahwa Ibnu Sirin pernah ditanya tentang mimpi seorang yang mengejar ular dan menutup lubang pelarian ular itu dengan sekop.

Maka jawab Ibnu Sirin, “apakah engkau sedang melamar seseorang ?”  Jawab lelaki itu, “iya.” Maka Ibnu Sirin mengatakan, “Sebentar lagi engkau akan melamarnya dan mendapat warisan.”

Dan tidak lama kemudian, terjadilah pernikahan antara laki-laki dan perempuan tersebut. Kemudian setelah itu perempuan itu meninggal dunia dan meninggalkan warisan bagi si laki-laki tersebut.

Aqidah tentang Taqdir dan Ijtihad Tafsir Mimpi

Tafsir mimpi diatas tidaklah harus sama persis dengan apa yang disampaikan oleh Ibnu Sirin atau Ibnu Qutaibah. Sebab itu adalah ranah ijtihad ulama’ yang bisa saja benar dan bisa saja salah.

Tetapi yang penting juga diingat adalah bahwa semua kehendak itu adalah dari Allah ta’ala. Maka bagi seorang muslim adalah memantabkan akidah dan keyakinannya bahwa tidak ada yang menetapkan dan mentakdirkan kecuali Allah saja.

Kemudian jika ia hendak bertanya dan mengetahui tafsir mimpi, maka bertanya kepada para ulama’ atau orang bijak yang ia percayai adalah hal yang paling tepat. Adapun jika ia tidak ingin membicarakannya, maka tidak ada yang memberi manfaat dan madharat kecuali Allah ta’ala.

Buku yang kami rekomendasikan untuk menafsirkan mimpi baik itu mimpi ular, mimpi gigi copot, mimpi bertemu singa atau lainnya adalah buku tulisan Ibnu Sirin yaitu Ta’biru Ruyaa dan juga buku tulisan Ibnu Qutaibah.

Semua hal tentang mimpi itu dikupas oleh ulama’ yang telah berkompeten di bidangnya. Sehingga tidak melanggar batasan syariat yang ditetapkan. Ini cocok bagi Anda yang sering mimpi dan menganggap mimpi itu semuanya adalah mitos. Padahal dalam sabda Nabi, mendekati akhir zaman, mimpi seorang mukmin itu semakin mendekati kebenaran.

Tafsiran ulama’ tentang mimpi ini berbeda dengan ramalan tukang ramal. Perbedaannya ada pada keyakinan saat menakwil mimpi itu. Kemudian dasar dan landasan dalam menakwil mimpi tersebut.

Wallahu a’lam

https://salikun.com


[1] Ta’biru Ruyaa, Ibnu Qutaibah

[2] ibid

Add a Comment

Your email address will not be published.